Mahasiswa Antusias Rencana Pidato Obama di UI

Jakarta - Presiden AS Barack Obama berencana akan berpidato di kampus Universitas Indonesia (UI) Depok pada Rabu (10/11) lusa. Para mahasiswa UI pun antusias menyambut kedatangan orang nomor satu di AS itu.

"Senang-senang saja Presiden Amerika datang ke kampus kita. Saya bukan orang yang termasuk menentang kedatangan Obama," kata mahasiswa Fakultas Ekonomi semester 9, Bahs, yang ditemui di lingkungan Rektorat UI, Depok, Jawa Barat, Senin (8/11/2010).

Dia menambahkan, kedatangan orang nomor satu di AS ke Indonesia itu pasti ada sisi positifnya. Dia yakin, pidato yang diberikan Obama akan memberikan pelajaran berharga bagi mahasiswa UI.

"Ilmu itu kan bisa didapat dari mana saja. Buat mereka yang menentang kedatangan Obama, mungkin mereka melihat sisi negatifnya saja. Buat saya tetap ada sisi positifnya untuk diambil pelajaran," lanjut Bahs.

Hal yang sama disampaikan Ranindya, mahasiswi jurusan Administrasi Niaga semester 5. Karena tujuannya positif, maka dia pun mendukung kedatangan Obama.

"Saya tidak menentang kalau Obama jadi memberi kuliah umum ke kampus kita. Malah harusnya menjadi kebanggan buat mahasiswa UI karena dapat kuliah langsung dari presiden negara maju," tutur Ranindya.

Meski demikian, dia kecewa karena kedatangan Obama menyebabkan penutupan di pintu-pintu tertentu sekitar Kampus UI. Apalagi tidak ada pemberitahuan sebelumnya tentang penutupan pintu tersebut.

"Kita kecewa karena harus memutar jauh. Kalau bisa kedatangan Obama jangan membuat kegiatan mahasiswa terganggu,"ucap dia.

Lina, mahasiswa Jurusan Sastra, Fakultas Ilmu Budaya, juga yakin kedatangan Obama ke UI akan membawa manfaat. Karena sosoknya bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa.

"Apalagi dia pernah menetap di Indonesia. Mungkin ada nilai sejarah yang berbeda yang dia sampaikan," kata dia.

Dijelaskan Lina, dia mendapat informasi dari SMS yang beredar bahwa mahasiswa yang berniat hadir dalam kuliah umum harus mendaftar. Sayangnya tidak ada informasi di mana mereka harus mendaftar.

Namun rupanya, tidak semua mahasiswa UI menyambut kedatangan Obama. Mahasiswa UI yang tergabung dalam Front Aksi Mahasiswa UI, melakukan aksi di depan Stasiun UI Depok. Dalam aksi mereka, mahasiswa membakar bendera AS.

Sementara peningkatan keamanan di kampus UI Depok meningkat tajam. Aparat TNI dan Polri disebar di berbagai sudut kampus. Seluruh akses masuk ke UI dijaga ketat. Meski demikian, mahasiswa beraktivitas seperti biasa.

0 komentar:

Posting Komentar